Newsroom & Blog 20

Apa itu Perusahaan OOH? Ini Penjelasan dan Fungsinya

06 Juni 2022

Istilah OOH mungkin terdengar cukup asing di telinga orang biasa. Namun, bagi para pebisnis, istilah OOH ini akan sangat sering terdengar.

Bahkan, teknik OOH atau Out of Home Advertising ini juga masih digunakan banyak pebisnis karena memberikan hasil yang optimal untuk iklan luar ruangan yang menargetkan banyak orang untuk diluar rumah atau diluar ruangan.

Dari namanya, OOH memang menargetkan pembeli yang sedang berada di "luar ruangan" seperti berada di pasar, tempat umum, di jalan, dan lain-lainnya. Karena itu, posisi iklan ini juga berada di pusat keramaian, fasilitas publik, tempat wisata, di luar gedung, di pasar, dan pinggir jalan. 

Kelebihan utama yang ditawarkan oleh OOH ini adalah iklan yang terpasang terlihat "mahal". Itu yang akan tertanam di benak orang yang melihatnya. Itu disebabkan foto besar dari produk tersebut bisa terlihat dengan jelas di jalan utama kota misalnya, atau di pusat kota. Karena itu, biaya pemasangannya juga cukup mahal bila lokasinya sangat strategis seperti itu. 

Apa hasilnya bila suatu produk terkesan "mahal"? Itu akan memberi kesan bahwa produk tersebut merupakan produk premium, berkualitas tinggi, dan tentunya pilihan yang paling tepat untuk calon pelanggan mereka. Selain itu, karena berada di tempat umum, maka orang yang melihat iklan tersebut juga akan banyak dan bisa memancing lebih banyak pelanggan.

Ada beberapa jenis periklanan yang ditawarkan oleh perusahaan OOH Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Billboard. Bisa dikatakan, billboard ini adalah jenis OOH advertising yang paling dikenal dan paling disukai oleh pebisnis.

Billboard akan ditempatkan di posisi di mana akan ada banyak orang yang melihatnya. Dan, tahukah Anda di mana posisi billboard yang paling mahal? Yah, di pusat kota dan di titik keramaian. Apalagi, di titik macet di mana orang-orang akan kemungkinan melihat billboard tersebut dalam waktu yang lama, maka kemungkinan harganya akan lebih tinggi.

Selain itu, Anda mungkin juga pernah melihat sejumlah iklan berada di halte, bandara, terminal, dan stasiun. Itu juga jenis OOH yang paling banyak dipilih setelah billboard. Apalagi, bila Anda sedang menunggu bus di halte, maka mau tidak mau, iklan tersebut akan terlihat dalam waktu lama. Karena itu, banyak perusahaan OOH terbaik yang menawarkan iklan di fasilitas publik tersebut.

Jenis OOH berikutnya adalah POS. POS merupakan kependekan dari point-of-sale, yang biasanya terletak di supermarket, toko, minimarket, pasar, dan sebagainya.

Selain jenis-jenis tersebut, juga ada berbagai jenis OOH lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan OOH Indonesia. Mulai dari baliho yang kerap digunakan menjadi media promosi bagi produk sampai calon legislatif. Sampai branding di kendaraan umum.

Atau, jenis-jenis lain seperti neon box, videotron, spanduk, dan bendera-bendera kecil. Tentunya, semua jenis tersebut ditawarkan oleh perusahaan OOH Indonesia. Jadi, Anda bisa memilih mana yang paling pas untuk Anda gunakan, dan sesuai dengan budget Anda.

Back To Newsroom & Blog
Research & Insight ID Others

Explore Other News & Media