Newsroom & Blog 21

Mengenal Perbedaan Media OOH dan DOOH Advertising

15 Juni 2022

Setelah istilah OOH advertising sudah mulai santer terdengar, sekarang muncul pula istilah DOOH.

Sekarang, apa sebenarnya OOH dan DOOH dalam dunia advertising tersebut? Di Jakarta, OOH advertising dan DOOH advertising kerap terdengar, dan menjadi andalan bagi pebisnis untuk mempromosikan produk mereka.

Perlu diketahui bahwa baik OOH dan DOOH merupakan jenis advertising yang digunakan di luar ruangan. OOH merupakan kependekan dari Out of Home, sedangkan DOOH berarti Digital Out of Home. Apa perbedaan dari keduanya?

Pembeda dari keduanya adalah media yang digunakan. Bila Media OOH Indonesia biasanya menggunakan gambar yang statis seperti di billboard, advertising di retail, hingga advertising di mobil/kendaraan. Promosi ini dianggap sangat efektif dan tepat sasaran. Promosi ini bisa ditujukan untuk skala yang lebih luas dan menjangkau audience yang tepat. 

Sedangkan DOOH adalah perkembangan dari OOH. Bahkan, di beberapa tempat di Indonesia, DOOH masih sering disebut sebagai OOH. Sebenarnya berbeda dengan OOH, DOOH memiliki iklan yang ditampilkan dengan digital. Videotron, digital banner, digital signage, dan sebagainya merupakan jenis-jenis dari DOOH ini.

Meski berbeda, namun biasanya OOH advertising Jakarta juga menawarkan jasa iklan yang bentuknya masuk dalam kategori DOOH. Bisa dikatakan, hingga tahun 2022, penyedia jasa DOOH advertising masih tergabung dengan penyedia OOH advertising. Masih belum ada DOOH yang berdiri sendiri.

Perlu dicatat bahwa advertising luar ruangan masih tercatat sebagai jenis iklan terpercaya. Sedangkan DOOH merupakan jenis iklan digital terpercaya. Itu yang menyebabkan lebih banyak pebisnis akan memilih iklan luar ruangan ini sebagai media promosi yang terpercaya. Bisa jadi suatu brand akan tetap memanfaatkan iklan di media massa, televisi, dan internet. Namun, mereka juga akan tetap menyisihkan budget advertising mereka untuk iklan di luar ruangan.

Di antara berbagai jenis iklan yang ditawarkan OOH advertising, bisa dikatakan videotron merupakan jenis yang paling populer. Videotron juga menjadi pilihan yang paling cocok untuk memperkenalkan produk pada khalayak dengan hasil paling efektif.

Sebab, videotron berada di pusat keramaian dan ukurannya sangat besar sehingga bisa terlihat dengan jelas. Hal itu dianggap bisa membuat pemirsanya bisa mendapatkan pesan secara menyeluruh dari pariwara yang ditampilkan.

Sebagai catatan, untuk mendapatkan hasil yang optimal ketika memasang iklan dengan jenis OOH advertising maupun DOOH advertising, Anda membutuhkan desainer yang paham dengan kebutuhan Anda, serta apa yang paling ingin disampaikan lewat pariwara tersebut. Dengan desain yang baik, maka iklan akan Anda akan lebih menarik, serta lebih optimal hasilnya.

Selain itu, pertimbangan dengan baik posisi pemasangan iklan tersebut. Bila berbentuk billboard, atau videotron, maka sebaiknya berada di pusat keramaian. Tidak hanya itu, pastikan bahwa posisinya bisa tetap terlihat dengan pengendara yang lewat dari berbagai sisi, kecuali belakang tentunya. Pastikan Anda tidak memasang di tempat yang terhalang dengan pohon, atau bangunan lain.

Tambahan lainnya, Anda mesti mempertimbangkan untuk memanfaatkan jasa OOH advertising terbaik. Misalnya, Anda berdomisili di Jakarta, maka Anda bisa searching di internet terlebih dulu jasa OOH advertising Jakarta terbaik. Kemudian, Anda bisa melihat portofolio dari jasa tersebut, mana yang paling menarik perhatian desainnya dan posisinya paling strategis. Setelah itu, Anda bisa mengecek dulu bagaimana komentar atau testimoni dari klien yang sudah menggunakan jasa advertising tersebut. Terakhir, baru Anda bandingkan harganya, cari yang paling sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Back To Newsroom & Blog
Research & Insight ID Others

Explore Other News & Media