Digital Out-of-Home (Digital OOH/DOOH) Advertising adalah bentuk iklan luar ruang yang menggunakan teknologi digital untuk menampilkan konten iklan di lokasi publik. Media ini mencakup layar digital, videotron, dan papan iklan elektronik yang ditempatkan di lokasi-lokasi ramai seperti pusat perbelanjaan, transportasi umum, atau jalan raya. Digital OOH memungkinkan konten iklan lebih dinamis, bisa diubah secara real-time, dan sering kali disesuaikan dengan audiens tertentu berdasarkan data seperti lokasi, waktu, atau kondisi cuaca.
OOH tradisional menggunakan media fisik seperti billboard cetak, poster, atau spanduk, sementara DOOH menggunakan layar digital yang bisa menampilkan video atau animasi. Perbedaan lainnya, DOOH lebih fleksibel karena konten bisa diubah atau diperbarui secara otomatis dan terjadwal, sedangkan OOH tradisional perlu diganti secara manual dan membutuhkan waktu lebih lama.
Beberapa platform DOOH memungkinkan interaksi dengan audiens, seperti layar sentuh atau integrasi dengan smartphone, tentunya ini tidak dimiliki oleh OOH tradisional. Selain itu, DOOH juga sering terhubung dengan teknologi analitik, yang memungkinkan pengiklan melacak kinerja iklan, sedangkan OOH tradisional lebih sulit diukur secara real-time.
Sumber: City Vision
Digital OOH penting bagi bisnis karena kemampuannya dalam meningkatkan visibilitas merek dan engagement pelanggan dengan cara yang lebih efektif dan modern dibandingkan iklan luar ruang tradisional. Setidaknya ada lima alasan kenapa bisnis Anda perlu menggunakan Digital OOH.
DOOH memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens yang lebih besar di lokasi-lokasi strategis dengan lalu lintas tinggi, seperti jalan utama, stasiun transportasi, atau pusat perbelanjaan. Selain itu, DOOH juga bisa menargetkan demografi tertentu berdasarkan lokasi, waktu, atau situasi, memastikan iklan Anda terlihat oleh orang yang tepat di saat yang tepat.
Konten DOOH bisa diperbarui secara real-time tanpa biaya tambahan untuk mencetak ulang materi, sehingga ini lebih efisien dibandingkan OOH tradisional. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan konten iklan berdasarkan data seperti cuaca, waktu, atau event khusus, menjadikannya lebih relevan dan efektif.
DOOH membuka peluang untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih interaktif melalui layar sentuh, augmented reality, atau integrasi dengan smartphone. Hal ini memungkinkan pengguna berinteraksi langsung dengan iklan Anda, sehingga meningkatkan keterlibatan dan menciptakan pengalaman yang lebih mendalam.
Visual dinamis yang disajikan oleh DOOH mampu menarik perhatian lebih efektif dibandingkan iklan statis. Dengan tampilan yang menarik, berulang di lokasi yang sering dilihat, maka iklan DOOH dapat meningkatkan kesadaran merek dan mendorong keterlibatan yang lebih besar dari audiens.
Digital OOH bisa diintegrasikan dengan kampanye digital lainnya, seperti media sosial atau programmatic advertising. Iklan DOOH ini akan mengarahkan audiens untuk berinteraksi lebih lanjut secara online, misalnya melalui QR codes atau tautan ke konten digital, sehingga akan menciptakan ekosistem pemasaran yang lebih menyeluruh dan sinergis.
Baca juga: Jasa Periklanan OOH Advertising Jakarta Yang Terbaik
Sumber: Freepik
Ada beberapa tips efektif dalam menggunakan Digital OOH untuk meningkatkan strategi pemasaran bisnis Anda:
Lokasi memainkan peran kunci dalam keberhasilan kampanye Digital OOH. Jadi, Anda harus memilih tempat-tempat yang sering dikunjungi target audiens. Misalnya, jika Anda menjual produk fashion, coba tempatkan iklan di pusat perbelanjaan atau area dengan lalu lintas pejalan kaki yang tinggi.
Kemudian, perhatikan demografi dan perilaku lokal di sekitar layar DOOH. Lalu, tampilkan pesan yang relevan untuk audiens di lokasi tersebut agar lebih efektif.
DOOH menawarkan format yang lebih dinamis daripada billboard tradisional, jadi Anda bisa menggunakan video pendek, animasi, atau konten visual yang eye-catching untuk menarik perhatian orang yang sedang berjalan atau mengemudi.
Karena orang seringkali hanya memiliki beberapa detik untuk melihat iklan DOOH, maka pastikan pesan Anda jelas, singkat, dan mudah dipahami. Jangan lupa gunakan font besar dan kontras warna yang tinggi untuk visibilitas yang lebih baik.
Salah satu keunggulan DOOH yaitu kemampuannya dalam memperbarui konten secara langsung. Jadi, Anda dapat menyesuaikan iklan berdasarkan waktu, cuaca, atau acara tertentu. Misalnya, promosi produk minuman dingin pada hari yang panas atau iklan makan malam untuk ditampilkan di malam hari.
Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan pesan dengan situasi lokal atau kondisi real-time. Konten yang relevan dengan lokasi, waktu, dan suasana hati audiens tentunya akan lebih mungkin mendapatkan respons yang positif.
Anda bisa menggunakan QR codes, NFC, atau tautan ke media sosial dalam iklan DOOH Anda. Hal ini memungkinkan audiens untuk berinteraksi lebih jauh dengan iklan, misalnya mengunjungi situs web, mengikuti media sosial, atau mendapatkan kupon promo.
Kemudian, integrasikan DOOH dengan kampanye digital seperti iklan di media sosial atau email marketing untuk menciptakan pengalaman yang lebih menyeluruh. DOOH sendiri bisa meningkatkan kesadaran merek, sementara iklan digital lainnya akan mendorong tindakan.
Dengan teknologi analitik yang ada, Anda bisa melacak siapa saja yang melihat iklan, kapan, dan di mana. Data ini memungkinkan Anda untuk memantau efektivitas kampanye serta melakukan penyesuaian berdasarkan performa.
Jangan lupa lakukan uji coba berbagai versi iklan untuk melihat mana yang paling efektif. Hal ini akan membantu Anda untuk menemukan kombinasi pesan, visual, dan lokasi yang menghasilkan engagement tertinggi.
Baca juga: Lengkapi Strategi Iklan Anda Dengan Media OOH Jakarta
Digital OOH memang termasuk salah satu teknologi terbaru dalam beriklan, namun ini mampu memberikan dampak besar bagi bisnis Anda, menawarkan cara yang lebih modern, fleksibel, dan efektif untuk menjangkau audiens.
Sudah waktunya bagi bisnis Anda untuk mempertimbangkan menggunakan Digital OOH sebagai bagian dari strategi pemasaran. Mari beralih ke teknologi digital dan manfaatkan Digital OOH untuk menciptakan kampanye yang lebih dinamis dan terukur! City Vision siap membantu bisnis Anda memanfaatkan Digital OOH dengan solusi yang disesuaikan untuk kebutuhan Anda. Hubungi City Vision hari ini dan bawa bisnis Anda ke level yang berikutnya!