Selama ini Anda pasti sudah tidak asing dengan iklan yang ditampilkan di tempat-tempat terbuka, seperti papan iklan, spanduk, dan iklan di kendaraan umum. Itulah yang disebut outdoor advertising, yang memiliki peranan yang cukup penting dalam dunia pemasaran.
Outdoor advertising atau iklan luar ruang bisa menjangkau audiens yang luas dengan visibilitas tinggi, terutama di lokasi strategis dengan lalu lintas yang padat. Selain itu, desain yang menarik dan pesan yang jelas memungkinkan iklan luar ruang bisa membantu meningkatkan kesadaran dan pengenalan merek.
Iklan luar ruang yang kreatif dan menarik juga bisa menangkap perhatian orang dan meninggalkan kesan yang mendalam. Hingga pada akhirnya, iklan luar ruang yang efektif mampu mendorong orang untuk mengunjungi toko fisik atau situs web, dan meningkatkan penjualan secara langsung.
Dengan berbagai keunggulan ini, outdoor advertising akan menjadi bagian yang penting dari strategi pemasaran yang efektif, melengkapi dan memperkuat pendekatan digital yang ada.
Sumber: Freepik
Ada beberapa strategi kreatif untuk outdoor advertising yang menarik. Perhatikan baik-baik, dan coba praktikkan untuk pemasaran bisnis Anda.
Gunakan desain yang sederhana namun kuat, karena pesan yang singkat dan jelas akan lebih mudah diingat dan dipahami oleh pengendara atau pejalan kaki yang bergerak cepat.
Buatlah iklan yang memungkinkan interaksi, seperti QR code yang mengarahkan ke konten digital atau aplikasi. Hal ini dapat menghubungkan pengalaman offline dengan online.
Layar digital bisa dimanfaatkan untuk menampilkan konten-konten yang dinamis dan bisa diperbarui, sehingga memungkinkan iklan untuk tetap relevan dan menarik perhatian.
Strategi berikutnya, ciptakan bentuk iklan yang unik atau gunakan lokasi yang tidak biasa untuk menonjolkan pesan. Misalnya, iklan berbentuk produk yang dijual, iklan dipasang di tempat yang tak terduga, atau lainnya.
Gunakan narasi visual untuk menceritakan kisah-kisah yang relevan dengan merek. Cerita yang menarik juga bisa memicu emosi dan membuat orang lebih terhubung dengan merek.
Desain iklan dengan efek 3D atau ilusi visual yang menarik juga bisa menarik perhatian dan membuat orang berhenti sejenak untuk melihat lebih dekat. Jadi, jangan ragu untuk mempertimbangkan strategi outdoor advertising yang satu ini!
Pemilihan lokasi juga sangat penting dalam strategi outdoor advertising. Anda bisa memilih lokasi yang berhubungan secara langsung dengan produk atau layanan yang ditawarkan, misalnya iklan makanan bisa ditempatkan di dekat restoran atau iklan mobil di area pameran mobil.
Bekerja sama dengan seniman lokal juga bisa dilakukan, untuk menciptakan mural atau instalasi seni yang mencerminkan merek. Hal ini tidak hanya menarik perhatian tetapi juga mendukung komunitas lokal.
Jangan lupa sesuaikan pesan iklan dengan acara atau musim tertentu, seperti liburan atau festival, untuk meningkatkan relevansi dan daya tarik.
Humor atau elemen kejutan juga bisa digunakan untuk menarik perhatian. Iklan-iklan yang lucu atau mengejutkan lebih mungkin diingat dan dibicarakan orang.
Baca juga: Hal Wajib Diperhatikan Saat Memilih Jasa Advertising Jakarta
Sumber: Freepik
Outdoor advertising tidak hanya menghadapi tantangan di era digital, tapi juga ada banyak peluang unik yang perlu Anda ketahui. Apa sajakah tantangan dan peluang itu?
Banyak konsumen menghabiskan waktu di platform digital, sehingga iklan luar ruangan harus bersaing dengan iklan online yang lebih interaktif dan dapat disesuaikan.
Dengan meningkatnya penggunaan perangkat mobile, perhatian konsumen mungkin akan teralihkan dari iklan luar ruang saat mereka melihat ponsel mereka.
Beberapa lokasi mungkin memiliki regulasi ketat mengenai penempatan dan jenis iklan luar ruang, yang bisa membatasi kreativitas dan jangkauan.
Mengukur dampak dari outdoor advertising bisa lebih sulit jika dibandingkan dengan iklan digital yang memiliki metrik analisis yang jelas.
Iklan luar ruang terpapar pada elemen alam, di mana hal ini bisa memengaruhi visibilitas dan daya tarik iklan.
Iklan luar ruangan bisa melengkapi kampanye digital dengan meningkatkan visibilitas merek dan mengarahkan lalu lintas ke platform online.
Penggunaan layar digital dan teknologi interaktif memungkinkan iklan lebih dinamis dan menarik, sehingga memberikan pengalaman yang lebih mendalam bagi audiens.
Iklan luar ruangan bisa disesuaikan untuk menjangkau audiens lokal dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh iklan digital.
Dengan desain yang inovatif dan unik, iklan bisa menarik perhatian dan menciptakan kesan yang mendalam, meskipun dalam lingkungan yang ramai.
Iklan luar ruangan juga bisa dimanfaatkan untuk kampanye yang berfokus pada acara lokal atau musiman, sehingga meningkatkan relevansi dan keterlibatan.
Berkat teknologi yang semakin berkembang, pemasar bisa menggunakan data untuk menentukan lokasi dan waktu terbaik untuk penempatan iklan luar ruang.
Baca juga: Jasa Periklanan OOH Advertising Jakarta Yang Terbaik
Masa depan outdoor advertising menjanjikan banyak potensi perkembangan yang sangat menarik. Karena teknologi digital semakin meningkat, maka penggunaan layar digital dan proyeksi 3D akan semakin umum. Iklan digital memungkinkan pembaruan konten secara real-time dan interaktivitas, sehingga menciptakan pengalaman yang lebih menarik bagi audiens.
Jadi, pastikan bisnis Anda juga menerapkan strategi pemasaran berupa outdoor advertising. Anda bisa mempercayakan urusan ini pada City Vision, Perusahaan Media Luar Ruang yang terkemuka dan paling inovatif di Indonesia. Layanan City Vision sudah jauh melampaui layanan Out-of-Home yang tradisional. City Vision telah meningkatkan kemampuan digital semua asetnya dengan konten dinamis, WiFi tracking, dan integrasi O2O. Semua teknologi itulah yang menjadikan media luar ruang dari City Vision sebagai media yang lebih modern dan terukur. Pelajari lebih banyak, klik di sini!