Jika Anda ingin membuat iklan kreatif yang mampu menarik perhatian banyak orang, iklan OOH (Out-of-Home) bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan mengandalkan OOH, Anda bisa menyampaikan pesan brand Anda secara visual dan impactful di tempat-tempat strategis yang ramai.
Memangnya, mengapa iklan OOH bisa menjadi pilihan kreatif yang efektif?
Dengan menempatkan iklan di tempat umum yang ramai, maka Anda dapat menjangkau audiens dari berbagai demografi. Berbeda dengan iklan digital, OOH memungkinkan Anda untuk berkreasi tanpa batasan ukuran layar, sehingga Anda bisa menggunakan ruang besar untuk visual mencolok yang akan mengesankan audiens.
Selain itu, iklan OOH memungkinkan Anda membuat konten yang kreatif dan inovatif, baik dalam bentuk statis (billboard) maupun digital (videotron atau megatron) yang bisa menampilkan video dan animasi yang menarik. Kemudian, iklan OOH bisa ditempatkan di lokasi-lokasi yang strategis sehingga merek Anda akan terus muncul dalam keseharian konsumen, sehingga dapat menciptakan kesadaran merek yang kuat.
Sumber: City Vision
Apa itu iklan OOH? Iklan OOH adalah bentuk iklan yang dipasang di luar ruangan di tempat umum untuk menjangkau audiens yang bergerak atau berada di luar rumah. Media iklan OOH ini meliputi billboard, videotron, megatron, poster, transit advertising (iklan di kendaraan umum), dan media di area publik seperti halte bus, stasiun kereta, hingga pusat perbelanjaan. Tujuan utama dari iklan OOH yaitu menarik perhatian orang yang berada di lingkungan tersebut secara efektif.
Kira-kira, apa perbedaan iklan OOH dengan jenis iklan lainnya? Iklan OOH dipasang di tempat umum luar ruangan seperti jalan raya, perempatan, atau fasilitas publik. Sedangkan iklan digital ditampilkan di platform digital seperti media sosial, situs web, atau aplikasi seluler. Jika OOH menyasar audiens yang bergerak (pejalan kaki, pengendara) dan sering kali hanya memberikan sedikit waktu untuk menyampaikan pesan, iklan digital bisa lebih interaktif dan melibatkan tindakan langsung seperti klik atau berbagi konten. Untuk durasi paparan, OOh lebih singkat yaitu hanya beberapa detik hingga beberapa menit saja, tergantung pada lokasi dan jenis media. Sedangkan iklan digital bisa disesuaikan dengan durasi yang lebih panjang karena interaksi langsung.
Meskipun era digital telah mengubah lanskap periklanan, iklan OOH masih tetap relevan dan efektif. Pahami tips dan strateginya, untuk membuat iklan OOH yang kreatif dan menarik perhatian.
Baca juga: Lengkapi Strategi Iklan Anda Dengan Media OOH Jakarta
Sumber: City Vision
Membuat iklan OOH yang kreatif dan menarik perhatian memerlukan perencanaan dan pemahaman tentang audiens serta lingkungan di mana iklan tersebut akan dipasang. Berikut ini beberapa langkah dan tips untuk membuat iklan OOH yang efektif, perhatikan baik-baik.
Penting untuk dipahami bahwa sederhana adalah kunci dalam iklan OOH karena audiens biasanya hanya memiliki beberapa detik untuk melihatnya. Jadi, pastikan pesan Anda singkat, jelas, dan mudah dimengerti. Silakan gunakan teks besar, font yang mudah dibaca, dan visual yang kuat. Lalu, hindari informasi yang terlalu banyak atau elemen yang berlebihan.
Gunakan gambar atau visual yang dapat langsung menarik perhatian, seperti visual yang tidak biasa, warna-warna kontras, atau elemen desain yang menonjol. Ini akan membuat iklan lebih mudah diingat.
Pertimbangkan untuk membuat iklan OOH yang mengandung unsur humor, ironi, atau kejutan akan lebih mudah diingat. Hal ini bisa jadi strategi jitu, karena audiens yang tersenyum atau terkejut akan cenderung mengingat pesan iklan yang Anda tampilkan.
Memanfaatkan lingkungan sekitar untuk memperkuat pesan bisa menjadi cara kreatif untuk membuat iklan OOH. Misalnya, billboard 3D yang memanfaatkan gedung atau struktur jalan untuk menciptakan efek visual yang menarik, atau videotron yang menyesuaikan tampilan dengan waktu atau cuaca.
Panting juga untuk menggunakan elemen digital yang interaktif seperti QR code, hashtag, atau link khusus yang mengarahkan audiens untuk berinteraksi lebih lanjut di platform digital. Pada videotron misalnya, Anda bisa menggunakan animasi atau video yang menarik yang disesuaikan dengan waktu tayang, sehingga memungkinkan interaksi dinamis yang tidak bisa dilakukan oleh media statis.
Selalu ingat bahwa pemilihan lokasi sangat krusial dalam OOH. Anda perlu memahami perilaku audiens di sekitar lokasi, kemudian silakan sesuaikan konten iklan dengan konteks tempat tersebut.
Ciptakan pesan yang singkat, kuat, dan mudah diingat, sehingga audiens bisa memahami inti pesan hanya dalam beberapa detik saat mereka melewati iklan.
Jika memungkinkan, Anda bisa menambahkan ajakan bertindak atau call to action yang sederhana. Tapi ingat, pastikan ajakan tersebut cukup relevan dengan iklan dan memotivasi tindakan instan.
Baca juga: Jasa Periklanan OOH Advertising Jakarta Yang Terbaik
Iklan OOH bisa memberikan dampak besar dan menjadi solusi yang efektif untuk membangun kesadaran merek dalam waktu yang lama. Dengan desain kreatif dan penempatan strategis, Anda bisa menjangkau audiens secara luas dan meninggalkan kesan yang mendalam.
Jika berencana membuat iklan OOH yang kreatif dan menarik perhatian, City Vision bisa menjadi partner yang tepat. Tim profesional City Vision siap membantu Anda untuk menciptakan iklan OOH yang efektif, baik untuk branding maupun kampanye spesifik. Hubungi City Vision untuk solusi iklan OOH yang sesuai dengan kebutuhan dan strategi pemasaran bisnis Anda!